Salah satu tim olimpiade Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih juara 3 dalam seleksi tingkat Provinsi Jawa Timur Kategogi IPA Terpadu Terintegrasi Kompetisi Sains Nasional. Kemenangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo karena salah satu siswanya yang bernama Carissa Fawwaz siswa kelas 9.3 berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sidoarjo dalam ajang bergengsi ini. KSM IPA Terpadu Terintegrasi ini diikuti oleh 114 peserta dari berbagai daerah perwakilan madrasah tsanawiyah di Provinsi Jawa Timur. 

Kepala MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo, Syamsuhari ST., S.Pd., MM., M.PdI menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas capaian ini. “Selamat kepada ananda Carissa beserta Bapak dan Ibu guru pembimbing atas prestasi yang telah diraih, berkat segala upaya, ikhtiar, kerja keras, serta doa dari keluarga besar MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo kita dapat berhasil. Semoga capaian ini dapat menginfluence kepada peserta didik lain dan dijadikan sebagai motivasi belajar yang lebih baik lagi.”

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi ini dilaksanakan pada tanggal 11 September 2022 dimulai pukul 07.30 – 09.30 WIB. Seluruh peserta perwakilan mengerjakan soal sebanyak 35 butir soal pilihan ganda dan 5 essay matapelajaran IPA terpadu terintegrasi. Pelaksanaan kompetisi ini secara online menggunakan CBT dari masing-masing daerah. Dengan sistem pengawasan melalui webcam oleh komite provinsi.

Dari 40 butir soal yang telah dikerjakan, Carissa mendapatkan perolehan skor 53 dan mendapatkan peringkat 3 dari 114 peserta yang mengikuti KSM IPA terpadu terintegrasi ini. Nilai ini didapatkan dari hasil kerja keras dan bimbingan yang dilakukan sebelum pelaksanaan olimpiade.

Salah satu pembimbing olimpiade, Pandu Prasojo M.Pd. mengatakan, “KSM IPA terpadu terintegrasi memiliki tingkat kesulitan soal lebih tinggi karena soal dikaitkan dengan ayat-ayat Al Qur’an. Oleh karena itu, kami membuat jadwal bimbingan terstruktur dan sistematis sehingga nanda dapat mengikuti dan menyelesaikan soal2 yang kami berikan serta pembahasan soal-soal agar nanda dapat lebih menguasai materi yang diberikan”

Kategori: Berita