Setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini untuk menghormati perjuangan seorang pahlawan nasional yang tak terlupakan , Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal sebagai R.A. Kartini. Hari Kartini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga kesempatan bagi kita untuk merenungkan warisan dan idealisme Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia

Kartini dikenal karena semangatnya yang gigih dalam memperjuangkan pendidikan dan emansipasi bagi wanita Indonesia pada masanya. Ia memperjuangkan hak-hak wanita untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan kesempatan yang setara dalam masyarakat. Meskipun hidup pada abad ke-19 yang masih dipenuhi dengan tradisi dan dengan sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam segala peran Kartini berani menentang norma-norma sosial yang membatasi peran wanita.

Peringatan Hari Kartini menjadi lebih bermakna setelah 2 Mei 1964, ketika Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, yang menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. Keputusan ini menegaskan komitmen negara dalam memperingati jasa-jasa Kartini dalam memperjuangkan kesejahteraan dan kesetaraan wanita di Indonesia

Hari Kartini bukan hanya tentang mengenang masa lalu, tetapi juga tentang merenungkan tantangan yang masih dihadapi oleh wanita Indonesia saat ini. Meskipun telah terjadi kemajuan besar dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan kesetaraan gender, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai visi Kartini tentang masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Dalam mengenang Kartini, mari kita terus menginspirasi dan meneruskan perjuangannya. Mari kita berkomitmen untuk terus memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi semua wanita Indonesia, memastikan bahwa setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi dalam membangun bangsa ini.

Sebagai bangsa yang berbudaya dan beradab, kita berhutang budi pada Kartini atas semangatnya yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan hak-hak wanita. Dengan mengambil inspirasi dari perjuangannya, mari kita terus bergerak maju sebagai bangsa yang adil dan berdaya.

 Selamat Hari Kartini! Mari kita jadikan setiap hari sebagai momentum untuk merayakan keberagaman, kesetaraan, dan kemajuan bagi semua wanita Indonesia.

Tim IT dan Buletin OSIS

Kategori: Berita